Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2024): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika

Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Flipped Classroom Berbantu Media Pembelajaran

Mukhayat, Ahmad (Unknown)
Noer, Sri Hastuti (Unknown)
Sutiarso, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mengetahui pengaruh penggunaan model flipped classroom, disertai dengan media pembelajaran, terhadap komunikasi matematis dan kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini melalui metode kuantitatif, yang menggunakan quasi experimental design. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas delapan MTs Miftahul Ulum Kotabaru, yang dipilih sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penilaian terhadap kemampuan komunikasi dan pemahaman matematis siswa dilakukan melalui uji berbasis esai. Multivariate analysis of variance (MANOVA) digunakan untuk mengevaluasi data pada tingkat signifikansi 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa diperoleh niali sig = 0,001 < α = 0,05 sehingga  ditolak. Disimpulkan, model flipped classroom dengan media pembelajaran, secara positif memengaruhi kemampuan komunikasi dan pemahaman konsep matematis siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

indiktika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another ...