Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media interaktif berbasis PAIKEM untuk mengoptimalkan pemahaman konsep belajar siswa SMP Negeri 4 Awangpone. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan analisis inferensial di tes Mann-Whitney didapat poin Asymp.sig (2-tailed) post-test < 0,05 dimana poin signifikansi yakni berkisar 0,000 yang berarti H0 tidak diterima serta Ha diterima, maknanya model pembelajaran PAIKEM efektif pada skill pemahaman konsep belajar siswa. Selanjutnya diperoleh perolehan tes effect size sebesar 1,5 yang artinya termasuk pada kategori besar, serta perolehan analisis persentase respons siswa pada gaya pembelajaran PAIKEM didapatkan perolehan berkisar 80,08% (Kategori Sangat Efektif). Menurut bagian itu bisa disimpulkan bahwasannya penerapan model pembelajaran PAIKEM efektif pada skill pemahaman konsep belajar siswa kelas VII SMPN Awangpone.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024