Permasalahan bagasi hilang tentu sangat berdampak kepada tingkat kepuasan penumpang, dan penumpang tentu sangat merasakan bagaimana penanganan petugas yang diberikan. Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang memiliki unit yang bertanggung jawab dalam segala penanganan bagasi termasuk penanganan bagasi yang hilang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah1penanganan bagasi yang hilang berpengaruh terhadap tingkat kepuasan penumpang, untuk mengetahui1seberapa besar pengaruh penanganan bagasi yang hilang terhadap kepuasan penumpang di PT. Kokapura Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang diperoleh secara langsung yaitu melalui observasi, dokumentasi, dan pengisian kuesioner yang disebarkan kepada 80 penumpang yang pernah mengalami kehilangan bagasi sejak bulan Januari 2023 sampai dengan Januari 2024. Penulis dapat menjelaskan bahwa terdapat pengaruh penanganan bagasi yang hilang terhadap kepuasan penumpang, hal ini berarti hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya pada uji T untuk menentukan berpengaruh atau tidaknya variabel bebas terhadap variabel terikatnya, dari tabel koefisien dapat diketahui adanya keefektifan yang signifikan antara independen X (penanganan bagasi yang hilang) terhadap variabel dependen Y (kepuasan penumpang) dengan perhitungan koefisien determinasi (R2) untuk mengukur seberapa besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya, dan mendapat nilai sebesar 71,3 dan selebihnya 28,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis bahas di dalam penelitian.
Copyrights © 2024