cover
Contact Name
Andri Putra Kesmawan
Contact Email
journal@idpublishing.org
Phone
+6281990251989
Journal Mail Official
journal@idpublishing.org
Editorial Address
Perumahan Sidorejo, Jl. Sidorejo Gg. Sadewa No.D3, Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182
Location
Kab. bantul,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering
ISSN : -     EISSN : 30467012     DOI : https://doi.org/10.47134/pjase
Core Subject : Engineering,
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering encompasses a broad range of aspects related to the design, production, operation, and maintenance of aircraft. Key topics in this field involve Aviation Technology, Structural Engineering, Navigation and Control Systems, Air Traffic Management, Human Factors in Aviation, Aviation Security, and Aircraft Maintenance and Maintenance. Journals in the field of aviation engineering often delve into specific issues within one of these areas, discussing the latest innovations and presenting research findings that can advance the aviation industry.
Articles 30 Documents
Pengaruh Fasilitas Ruang Tunggu terhadap Tingkat Kenyamanan Penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok Ningsih, Sulistiawati; Rachmawati, Desiana
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i1.2221

Abstract

Bandar udara adalah infrastruktur vital di Indonesia yang mendukung konektivitas dan pariwisata antarwilayah. Fasilitas di Bandar Udara, terutama ruang tunggu, mempengaruhi kenyamanan penumpang dalam menggunakan layanan penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh fasilitas ruang tunggu di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok terhadap tingkat kenyamanan penumpang. Selain itu, penelitian ini juga ingin mengetahui seberapa besar pengaruhnya fasilitas ruang tunggu bagi kenyamanan penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok dan sampel yang digunakan berjumlah 100 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa nilai signifikan variabel fasilitas ruang tunggu (X) sebesar 0,00 pada tingkat signifikan 0,05 karena nilai signifikan 0,00<,0,05 maka ditemukan ada pengaruh antara variabel fasilitas ruang tunggu (X) terhadap kenyamanan penumpang (Y), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil uji koefesien determinasi dapat disimpukan bahwa besar pengaruh fasilitas ruang tunggu terhadap tingkat kenyamanan penumpang di Bandar udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok adalah sebesar 83,8% dan sisanya sebesar 16,2% yang dipengaruhi oleh variabel lainnya.
Implementasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 95 Tahun 2021 mengenai Pelatihan Penanggulangan Keadaan Darurat di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok Khuznuzzan, Annisa; Widagdo, Djoko
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i1.2227

Abstract

Kondisi darurat merupakan kondisi membahayakan keamanan dan keselamatan penerbangan yang terjadi pada pesawat udara, bandar udara, dan pelayanan navigasi penerbangan. Untuk menghadapi keadaan darurat perlu diadakan pelatihan yang merupakan salah satu bentuk pelatihan yang diberikan kepada karyawan yang berkerja di bandar udara guna memberikan pengetahuan agar sigap dan tanggap terhadap keadaan darurat yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai pelatihan penanggulangan keadaan darurat di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pelatihan penanggulangan keadaan darurat di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok seluruh personil yang terlibat mampu mengenali dan merespon situasi darurat yang terjadi di lapangan. Tindakan yang dilakukan ketika terjadi keadaan darurat sudah sesuai dengan Airport Emergency Plan yang berlaku di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Selain itu, sarana dan prasarana yang tersedia dalam kondisi baik dan terjaga karena dilakukan pengecekan dan perawatan rutin yang dilakukan oleh tiap unit terkait.
Analisis Pemahaman Petugas Magang tentang Marka untuk Keselamatan di Area Airside Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta Wulandari, Widya; Tamara, Amelia Puspa
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i1.2244

Abstract

Sebagai penyedia jasa lalu lintas udara, operator bandar udara tentu perlu memberikan pelayanan yang maksimal. Unit pelayanan untuk mengelola tugas pengelolaan di bandara salah satunya adalah Apron Movement Control. Apron merupakan bagian dari bandar udara yang berfungsi sebagai tempat parking pesawat. Unit Apron Movement Control dalam melaksanakan ketertiban operasional agar tercapainya kegiatan dengan baik sesuai peraturan yang sudah ditetapkan dibantu oleh petugas magang, sehingga pentingnya pemahaman petugas magang mengenai fungsi marka, peraturan tentang marka, dan jenis-jenis marka dalam penerbangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman petugas magang tentang marka di sisi Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, self appraisal, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang yaitu petugas magang di unit Apron Movement Control di Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa petugas magang mengenai marka cukup paham dan menguasai terkait penempatan parking stand pesawat udara, tetapi ada beberapa petugas magang yang masih kurang dan bingung dalam pemahaman terkait penempatan parking stand untuk pesawat udara. Hal tersebut karena tidak adanya bantuan visual di dalam ruangan Apron Movement Control. Solusi yang dilakukan yaitu petugas magang melakukan inspeksi langsung ke apron untuk mengetahui letak dan bentuk marka parking stand tersebut.
Pengaruh Tingkat Pengetahuan Penumpang tentang Security Restricted Area terhadap Kepatuhan Penumpang di Bandar Udara Internasional El Tari Kupang Langgar, Hasmul Ahmad; Albanna, Faiz
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i1.2277

Abstract

Perkembangan peranan transportasi saat ini sangatlah penting, sehingga memicu semakin banyaknya transportasi yang dapat dipilih oleh masyarakat, salah satu transportasi andalan yang dipilih masyarakat saat ini yaitu transportasi udara dibanding transportasi darat dan laut. Oleh karna itu, agar setiap perjalanan penerbangan itu aman, maka dilakukan pengamanan yang sangat ketat untuk menghindari penyusup, serta benda-benda yang dianggap berbahaya masuk ke pesawat yang bisa mengancam keamanan penerbangan. Daerah keamanan terbatas di bandara seperti Security Restricted Area yaitu wilayah atau area yang ada di bandara untuk tujuan keamanan. Area atau wilayah ini hanya dapat dimasuki atau dilewati oleh orang-orang tertentu seperti petugas dan penumpang yang memiliki tiket, baik itu penumpang yang datang maupun yang akan berangkat dengan pesawat udara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang dilaksanakan pada Agustus-September 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan regresi linear berganda sebagai teknik analisis data. Sampel pada studi ini yaitu penumpang di Bandar Udara Internasional El Tari Kupang. Uji t menunjukkan bahwa variabel independen Analitycal Thinking (X1), Conceptual Thinking (X2), dan Expertise (X3) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Y) (p < 0,05). Uji F menandakan gabungan variabel pengetahuan (X1, X2, X3) secara signifikan memberikan pengaruh variabel kepatuhan (Y) (F hitung > F tabel, 315.590 > 2.70). Koefisien determinasi menandakan variabel pengetahuan (X1, X2, X3) secara bersama-sama mempengaruhi kepatuhan (Y) 90,8%, dengan 9,2% mendapatkan pengaruh dari variabel lain yang tidak diteliti.
Pengaruh Stres Kerja dan Fasilitas Kerja terhadap Kinerja Karyawan Airport Operation Lanside and Terminal Service (AOLT) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar Arpelina, Resa Tricia; Albanna, Faiz
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 1 (2024): January
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i1.2285

Abstract

Meningkatnya stres kerja akan mempengaruhi kinerja karyawan, bisa berpengaruh negatif dan berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan pada individunya. Untuk melaksanakan pekerjaanya, karyawan juga membutuhkan fasilitas kerja yang mendukung, sehingga karyawan mampu menghasilkan kinerja yang optimal. Kinerja pegawai merujuk pada prestasi yang diperoleh seorang pegawai sesuai dengan tanggung jawabnya. Kinerja karyawan yang berkualitas berdampak positif terhadap kesuksesan dan kualitas perusahaan. Untuk mencapai kinerja yang baik, perusahaan perlu memperhatikan faktor yang mempengaruhinya, seperti tingkat stres kerja dan kualitas fasilitas kerja. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner dan pengumpulan dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 26.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara parsial, tingkat stres kerja tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,620 yang lebih besar dari tingkat signifikansi yang ditetapkan (0,05). Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho1) diterima. Namun, secara parsial, kualitas fasilitas kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, dengan nilai signifikansi sebesar 0,023 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan (0,05). Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha2) diterima. Secara simultan, tingkat stres kerja dan kualitas fasilitas kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan (0,05). Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha2) diterima.
Implementasi PM Nomor 41 Tahun 2023 pada Unit Terminal Inscpection Service dalam Optimalisasi Pengawasan Fasilitas di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Faizah, Faizah; Widagdo, Djoko
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i2.2354

Abstract

Pengawasan fasilitas terminal bandar udara dilakukan oleh unit TIS (Terminal Inspection Service) sebagai pemenuhan standar pelayanan kepada pengguna jasa bandar udara sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2023 tentang Pelayanan Jasa Kebandarudaraan di Bandar Udara. Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya merupakan bandar udara dengan mobilitas penerbangan yang cukup sibuk di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi PM Nomor 41 Tahun 2023 pada unit Terminal Inspection Service juga mengetahui kendala yang dihadapi dalam upaya optimalisasi pengawasan fasilitas di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh meliputi hasil observasi selama penelitian dan melalui wawancara yang dilakukan pada unit Terminal Inspection Service serta data yang diambil dari arsip unit TIS dari tanggal 1 Agustus 2023 - 29 Februari 2024 di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Beberapa upaya dilakukan unit Terminal Inspection Service guna mengoptimalisasikan pengawasan fasilitas di terminal bandar udara baik terkait pengadaan maupun fungsionalitas fasilitas dengan tetap mengacu pada PM Nomor 41 Tahun 2023. Meskipun begitu, beberapa kendala juga dihadapi seperti miskomunikasi antar unit, kejadian tidak terduga, dan kerusakan berkepanjangan akibat faktor tertentu.
Pengaruh Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan Apron Movement Control (AMC) PT. Angkasa Pura II Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Juanda, Andika; Nasution, Fauzia Fahmi Yuniarti
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i2.2361

Abstract

Beban kerja adalah suatu proses atau kegiatan yang terlalu banyak dan harus dikerjakan atau diselesaikan karyawan dengan jangka waktu tertentu. Dengan pekerjaan yang harus diselesaikan tersebut, apabila karyawan dapat berhasil menyelesaikannya, maka kinerja karyawan tersebut dinilai berhasil dan tidak memiliki beban kerja. Apabila pekerjaannya banyak atau menumpuk dan kinerja karyawan tersebut tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya, maka karyawan tersebut memiliki beban kerja. Kinerja karyawan dan beban kerja ialah suatu aspek yang dapat berpengaruh dalam perusahaan. Maka dari itu, perusahaan sangat perlu memperhatikan kondisi-kondisi kinerja karyawan, sehingga pekerjaan dapat terlaksana dengan baik dan mudah. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui adakah pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan Apron Movement Control (AMC) PT. Angkasa Pura II Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, (2) untuk mengetahui seberapa besar signifikansi pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan Apron Movement Control (AMC) PT. Angkasa Pura II Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan AMC di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel independen (X) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen (Y) dengan nilai signifikansi 0.001 < 0.05, dan hasil uji koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa beban kerja (X) terhadap kinerja karyawan (Y) sebesar 86.1% dan selebihnya 13.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tercantum dalam penelitian ini.
Pengaruh Fasilitas Charger di Ruang Tunggu terhadap Kepuasan Penumpang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Lestari, Asriyani Wahyu; Suprapti, Suprapti
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i2.2368

Abstract

Bandar Udara internasional Adi Soemarmo Boyolali merupakan bandar udara yang melayani penerbangan yang berlokasi Ngemplak di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Bandar Udara Adi Soemarmo merupakan bandar udara yang dikelola PT Angkasa Pura I. Untuk tingkat kepuasan penumpang dapat dinilai dari fasilitas charger yang baik, aman, dan nyaman. Fasilitas charger mampu memberikan kepuasan kepada penumpang dengan meningkatkan fasilitas charger yang belum sesuai. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah fasilitas charger berpengaruh terhadap kepuasan penumpang, dan seberapa besar fasilitas charger berpengaruh terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Adi Semarmo Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali yang dimana penumpang pada Bandar Udara Adi Soemarmo Boyolali menjadi objek dalam penelitian ini. Untuk sumber data yang digunakan pada penelitian ini diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner terhadap responden penumpang Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. Jumlah sampel pada penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linear Sederhana, Uji T, dan Uji koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian disimpulkan untuk menjawab rumusan masalah, bahwa: 1. variabel Fasilitas Charger (X) berpengaruh terhadap kepuasan penumpang (Y) dibuktikan dengan nilai T hitung pada variabel Fasilitas Charger (X) jadi, > t tabel yaitu 11,156 > 1,660 dengan nilai signifikan < 0,1 yaitu 0,007; 2. Fasilitas Charger (X) berpengaruh terhadap Kepuasan Penumpang (Y) sebesar 0,748 diketahui dari nilai R Square yang artinya variabel X mempengaruhi Variabel Y sebesar 55,9%.
Analisis Tingkat Pemahaman Penumpang terhadap Rambu-Rambu (Signage) di Terminal Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya Taufanputra, Muhamad Arif; Ariebowo, Teguh
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i2.2404

Abstract

Adanya wilayah Bandar Udara Internasional Juanda yang luas maka diperlukannya rambu-rambu petunjuk wilayah yang dimaksud. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan penumpang dalam mencari tujuannya. Pemahaman yang baik terhadap rambu di terminal bandar udara berkontribusi langsung pada kinerja bandar udara tersebut secara keseluruhan. Pemahaman yang rendah dapat menyebabkan kebingungan, penundaan, dan bahkan risiko keselamatan jika pengguna tidak mengikuti petunjuk dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman penumpang di Terminal Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Peneliti juga menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data sebanyak 20 pertanyaan dan regresi linier sebagai teknik analisis data. Sampel pada penelitian kali ini yaitu penumpang yang berada di area Terminal Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya yaitu 100 responden. Tingkat pemahaman penumpang terhadap rambu-rambu di Terminal Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya yaitu sangat tinggi dengan persentase 30%, tinggi dengan persentase 38%, cukup dengan persentase 18%, rendah dengan persentase 13%, dan sangat rendah dengan persentase 1%. Sehingga dapat ditetapkan bahwa Tingkat pemahaman penumpang terhadap rambu-rambu di terminal Bandar Udara Internasional Juanda secara keseluruhan termasuk kategori tinggi.
Analisis Kualitas Pelayanan Petugas Customer Service PT. Angkasa Pura I dalam melayani Penumpang di Bandar Udara International Yogyakarta Pamungkas, Tegar Purbo; Widagdo, Djoko
Indonesian Journal of Aviation Science and Engineering Vol. 1 No. 2 (2024): April
Publisher : Indonesian Journal Publisher

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47134/pjase.v1i2.2405

Abstract

Dalam pelayanan jasa transportasi udara memerlukan petugas Customer Service yang berhadapan langsung dengan penumpang perihal apapun yang ditanyakan oleh penumpang. Namun terdapat beberapa petugas yang masih pasif terhadap penumpang dan beberapa informasi yang terkadang tidak diketahui petugas Customer Service. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Petugas Customer Service PT. Angkasa Pura I Dalam Melayani Penumpang di Bandar Udara International Yogyakarta. Adapun pada penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Triangulasi (Observasi, Wawancara, Dokumentasi) dan data tambahan berupa Kuesioner menggunakan 5 Dimensi Kualitas Pelayanan (Tangibles, Reliability, Responsivess, dan Assurances), serta data penilaian survei langsung dari PT. Angkasa Pura I dalam kepuasan penumpang di bandar udara International Yogyakarta. Teknik Analisis data pada penelitian menggunakan Reduksi Data, Triangulasi, Metode Service Quality (Kuesioner), dan Kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa petugas Customer Service memiliki kualitas pelayanan yang cukup baik dalam melayani penumpang di Bandar Udara International Yogyakarta, dan mampu berinteraksi serta berkoordinasi dengan petugas lain perihal informasi yang terbaru. Namun, dari hasil Kuesioner menunjukkan terdapat satu dari lima dimensi yang dirasa kurang memuaskan yaitu Empati dari Petugas yang terkadang tidak menghampiri atau aktif dalam menangani penumpang.

Page 1 of 3 | Total Record : 30