PROFICIO: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2024): PROFICIO: Jurnal Abdimas FKIP UTP

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN INQUIRY DI SDN BENOWO III SURABAYAPETUNJUK PENULISAN NASKAH

Dewi Widiana Rahayu (Unknown)
Akhwani (Unknown)
Sunanto (Unknown)
Ainur Rohmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2023

Abstract

Media pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi perkembangan siswa. Selama masa pandemi siswa menggunakan media berbasis digital namun perlu juga adanya media fisik seperti benda tiruan yang perlu dikembangkan agar bisa dimanfaatkan secara langsung oleh siswa. Menyadari urgensi penguasaan pembuatan media pembelajaran, tim pengabdian masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya mengadakan kegiatan Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Strategi Pembelajaran Inquiry di SDN Benowo III Surabaya. Metode yang akan diterapkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah menggunakan metode demonstrasi dan simulasi. Mitra sekolah berpartisipasi dalam pemberian layanan dan fasilitas sekolah sebagai tempat pelaksanaan pengabdian masyarakat. Setelah pelaksanaan program akan dilaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan program, jika produk media dirasa belum sempurna dalam meningkatkan hasil belajar maka akan dijadikan bahan perbaikan dan penyempurnaan media yang digunakan. Hasil dari penelitian ini, siswa mampu memahami materi tatasurya dengan baik dan benar berbantuan media ajar yang mendukung proses pembelajaran. Sehingga dampak yang ditimbulkan yakni kepada hasil pembelajaran siswa dengan nilai dan pemahaman yang memuaskan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPF

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences Other

Description

Jurnal PROFICIO: Jurnal Pengabdian Masyarakat dipublikasikan 2 kali dalam satu volume (tahun) yaitu pada bulan Januari dan Juli. Junal PROFICIO: Jurnal Pengabdian Masyarakat berisi hasil pengabdian masyarakat sebagai implementasi pengembangan keilmuan kepada masyarakat dalam bidang: Bimbingan dan ...