Kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa adalah membaca, menulis dan berhitung. Namun cendurung saat ini masih banyak siswa yang memiliki hambatan dalam belajar terutama dalam membaca, menulis dan berhitung permasalahan tersebut salah satunya terjadi di MIS Tamhidiyah yang berada di Desa Cimande Hilir, terdapat beberapa siswa yang belum mahir dalam membaca, menulis dan berhitung yang terdiri dari kelas 1 hingga kelas 5. Hal tersebut terjadi karena faktor dari dukungan keluarga, kemampuan akademik siswa dan kurangnya inovasi pembelajaran yang ada di sekolah tersebut. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami materi dasar pembelajaran yaitu melaksanakan kegiatan pendampingan belajar calistung dengan berbantuan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Metode kegiatan ini dilaksanakan dengan 4 tahap, yaitu tahap pengamatan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Hasil kegiatan pendampingan belajar ini yaitu siswa sudah bisa membedakan huruf abjad, menyusun abjad dengan benar, membaca melalui pengenalan kosa kata serta berhitung. Karena penggunaan media calistung yang inovatif serta metode pembelajaran yang digunakan sangat menarik perhatian siswa untuk belajar. Dapat disimpulkan kegiatan pendampingan belajar ini sangat membantu siswa dalam proses belajar yaitu dengan meningkatnya antusias siswa dalam mengikuti pendampingan belajar yang berdampak baik pada pembelajaran, selain itu juga sangat membantu guru dengan adanya media pembelajaran yang digunakan pada saat pendampingan belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024