Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2024): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Standar CEFR

Arifin, Akbar Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Common European Framework of Reference for Languages (CEFR) adalah salah satu kerangka internasional yang digunakan dalam pembelajaran bahasa asing. CEFR dapat membantu pengajar dalam menentukan kurikulum, levelisasi kemahiran berbahasa dan evaluasi pembelajaran bahasa. CEFR telah digunakan dalam pembelajaran berbagai bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Arab. Namun demikian, kerangka tersebut masih belum banyak digunakan bahkan belum begitu dikenal oleh banyak institusi pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan adanya sosialiasi dan pelatihan terkait kerangka CEFR. Mitra pengabdian yang dipilih adalah Yayasan Rumah Ilmu dan Bahasa Demak, Jawa Tengah. Lembaga tersebut berfokus pada pembelajaran bahasa asing, khususnya Arab dan Inggris dan telah menjalin kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di Jawa Tengah. Dengan melihat peran penting yayasan tersebut, pelatihan penyusunan bahan ajar bahasa Arab berbasis CEFR menjadi hal yang diperlukan untuk mengembangkan bidang pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah. Metode pengabdian dimulai dengan survei lokasi supaya pengabdi bisa melakukan analisis masalah. Kemudian hasil diskusi dengan direktur lembaga dirumuskan menjadi sebuah desain pengabdian beserta dengan solusi masalahnya. Sedangkan hasil pengabdian ini adalah bahan ajar berbasis CEFR yang digunakan  oleh Yayasan Rumah Ilmu dan Bahasa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educivilia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat yang telah memiliki nomor P-ISSN 2721-1541 dan E-ISSN 2721-5113 dengan Focus dan Scope pada bidang pendidikan yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu ...