Qismul Arab: Journal of Arabic Education
Vol. 2 No. 01 (2022): Qismul Arab: Journal of Arabic Education

Strategi Pengajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis: (Studi Kasus pada Siswa MTsN Bangkalan)

Rofii, M (Unknown)
Mabrukah, Shobiratul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Keterampilan menulis bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Bangkalan masih sangat rendah, masih menitik beratkan pada keterampilan membaca dan kurang memperhatikan pada keterampilan lainnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model strategi pengajaran bahasa Arab dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan keterampilan menulis bagi siswa kelas VII MTsN Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan tiga yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan populasi sampel terdiri dari 20 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis dalam pengajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VII MTsN Bangkalan. Dengan menggunakan strategi pengajaran pendekatan kontekstual siswa bisa membaca dan memahami tulisan dengan gaya pendidikan yang menyenangkan, tidak monoton dan terfokus pada buku teks.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

qismul_arab

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Qismul Arab: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab diterbitkan dua kali setahun sejak 2021 (November dan Mei), adalah jurnal multibahasa (Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris), peer-review, dan berspesialisasi dalam Studi Bahasa Arab. Jurnal ini diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAI Syaichona ...