Kegiatan PKM ini dilakukan sejalan dengan kegiatan PBL mahasiswa di Kawasan Pantai Wisata Talao Pauh Pariaman. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi dengan para pedagang untuk berbagi informasi dan pengetahuan guna mengetahui bagaimana implementasi dari manajemen strategi yang telah mereka lakukan selama ini dalam menghadapi persaingan pasar. Kegiatan ini dilakukan oleh 4 kelompok yang diterjunkan ke lapangan untuk melakukan wawancara dan menemukan hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan manajemen strategi yang telah dilakukan selama ini. Mulai dari kemampuan pengeloaan modal, strategi pemasaran, sumber perolehan produk yang yang mereka jual, pasar sasaran mereka, stretegi dalam menghadapi persaingan yang ada, dan lain-lainnya. Dari hasil temuan diketahui bahwa tingkat persaingan antara sesame pedagang di kawasan tersebut sangat tinggi, sehingga para pedagang harus berusaha menciptakan strategi pemasaran tersendiri, seperti menyediakan sarana untuk berkaroke, menjual kelapa bakar untuk pengobatan, mempertahankan cita rasa lokal, dan lain sebagaimnya. Tujuan pelaksaan kegiatan ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah penerapan manajemen strategi yang telah dilakukan oleh para pedagang yang ada di kawasan Talao Pauh Pariaman selama ini. Melalui kegiatan ini diharapkan bahwa para pedagang dapat mengerti bahwa mereka telah melaksanakan implementasi sesuai dengan teori, meskipun belum optimal karena berbagai kendala. Dalam pelaksanaan kegiatan diharapkan ada interaksi yang dapat saling memberikan informasi untuk berbagi pengetahuan antara para pedagang dengan para mahasiswa selaku pelaksana kegiatan ini.
Copyrights © 2024