JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN BAKALAN WRINGINPITU

Isnaini, Elsah (Unknown)
Untari, Rahmania Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2023

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa diakibatkan karena kurangnya penguasaan materi yang maksimal dalam proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan berbantuan model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan soal Prestest dan Posttest. Model pembelajaran PjBL merupakan model yang menggabungkan pembelajaran aktif dalam lingkungan pendidikan berbasis proyek yang mengacu pada dunia nyata siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan rancangan One Groups Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SDN Bakalan Wringinpitu yang berjumalah 19 siswa, yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Teknik analisis data menggunakan uji t sample paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran PjBL dengan berbantuan media pembelajaran PPT terhadap prestasi belajar di kelas V sekolah dasar terbukti. Hal ini ditunjukkan hasil uji t dengan nilai sign (2 tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Dapat dikatakan bahwa Ho ditolak sehingga Ha diterima dengan arti model pembelajaran PjBL dengan berbantuan media pembelajaran PPT berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Tema 7 kelas V-B SDN Bakalan Wringinpitu tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...