JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 4 No. 3 (2023): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

MENUMBUHKAN KARAKTER SENANG BELAJAR ANAK USIA 10-12 TAHUN DENGAN BUKU PEDOMAN PERMAINAN TRADISIONAL

Damayanti, Yrmina (Unknown)
Ari Nugrahanta, Gregorius (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2023

Abstract

Pada saat ini, krisis terhadap karakter senang belajar masih banyak ditemukan. Rendahnya hasil belajar anak dapat diakibatkan karena minat dan motivasi belajar yang menurun. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan buku pedoman permainan tradisional untuk menumbuhkan karakter senang belajar anak usia 10-12 tahun. Pengembangan buku permainan tradisional ini merupakan hasil dari penelitian menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Peneliti menyebarkan instrumen analisis kebutuhan berupa kuesioner terbuka dan tertutup yang telah dibagikan kepada sepuluh guru bersertifikasi dari daerah Jambi, Sleman, Klaten, Jawa Tengah, dan Lampung, serta melibatkan sepuluh validator sebagai expert judgement dan delapan anak untuk melakukan uji coba terbatas. Berdasarkan hasil evaluasi dari validator, buku pedoman yang dikembangkan dengan tahapan ADDIE, memperoleh skor dengan rerata 3,83. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas buku pedoman memiliki kriteria sangat baik sehingga tidak perlu ada revisi. Buku pedoman permainan tradisional ini memberikan pengaruh terhadap karakter senang belajar yang ditunjukan dengan peningkatan rerata skor penilaian diri. Buku pedoman permainan tradisional ini menghasilkan tingkat Effect size r sebesar 0,96 atau setara dengan 93,5% dengan kategori efek besar dan memperoleh N-Gain Score 71,34% termasuk dalam efektivitas tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan buku pedoman permainan tradisional ini dapat menumbuhkan karakter senang belajar pada anak usia 10-12 tahun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...