Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 4, No 1 (2024): Februari

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VII pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan Model Pembelajaran Group Investigation Plus di SMP Negeri 2 Sigli

Agustina, Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas  ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik dalam mempelajari IPA terutama pada materi klasifikasi makhluk hidup, dengan manfaat untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan mata pelajaran IPA dan menjadi referensi bagi penelitian berikutnya.  Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus selama kurun waktu tiga bulan pada SMP Negeri 2 Sigli dengan Subjek penelitian peserta didik kelas VII-A. Tehnik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrument tes, lembar observasi, dan angket peserta didik. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengukur hasil belajar peserta didik pada setiap pertemuan serta pengamatan yang dilakukan oleh observer terhadap pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik. Validasi data dilakukan dengan menverifikasi tes hasil belajar peserta didik secara kuantitatif yang dimasukkan dalam daftar nilai. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan mencari ketuntasan belajar peserta didik, nilai rata-rata, nilai tertinggi, dan nilai terendah. Prosedur penelitian dilakukan dengan pelaksanaan siklus atas empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian  menunjukkan peningkatan dengan rincian ketuntasan pada pembelajaran satu mencapai 37,5%, dan pembelajaran kedua siklus I ketuntasannnya 59,4%  dengan  rata-rata ketuntasannya  37,5%.  Pada siklus II ketuntasan belajar pada pertemuan satu    56,3% , ketuntasan belajar pada pertemuan kedua 87,4%., dengan  rata-rata ketuntasan pada siklus II adalah 56,3%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan baik dari segi hasil belajar maupun keaktifan peserta didik.  Kata Kunci: Group Investigation,  card sort dan Hasil Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...