Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah dengan menggunakan model pembelajaran aplikasi perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas vii di smpn 2 sigli tahun pelajaran 2023/2024 pada materi pengolah kata. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus dan diawali dengan pra siklus. Subyek penelitian adalah peserta didika kelas VII SMPN 2 Sigli Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 orang. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi idengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada setiap siklus. Dengan penerapan model pembelajaran Aplikasi Perkantoran pada materi Pengolah Kata pada siswa kelas VII SMPN 2 Sigli Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 pada akhir siklus I diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 59,28 menjadi 65,53 dan meningkat lagi pada siklus ke II 72,14. Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik ada peningkatan dari kondisi awal yang sudah tuntas hanya 8 peserta didik menjadi 15 peserta didik pada siklus I dan meningkat menjadi 21 peserta didik pada akhir siklus II. Dengan demikian terlihat bahwa peserta didik kelas VII SMPN2 Sigli mengalami peningkatan hasil belajar pada materi Pengolah Kata.
Copyrights © 2023