Penelitian ini dilakukan adalah untuk merumuskan strategi inovasi yang tepat dalam optimalisasi implementasi pelayanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi Propam Presisi di Bidpropam Polda Bengkulu, dan untuk mengetahui factor apa saja yang mempengaruhinya dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif (campuran). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner, teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) yang diolah dengan Smart PLS 4.0 untuk analisis kuantitatif, sedangkan untuk analisis kualitatif menggunakan SWOT, IFE & EFEdan QSPM. Hasil penelitian kuantitatif membuktikan bahwa variabel Teknolgi Digital, Budaya Adaptif, Kapabilitas Organisasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap inovasi dan kinerja organisasi, namun variable kepemimpinan adaptif berpengaruh terhadap variable inovasi dan variable kinerja organisasi. Selanjutnya hasil analisis strategi melalui tahapan input stage dengan metode IFE & EFE matching stage dengan SWOT dan QSPM dengan hasil strategi yang harus dilakukan dalam rangka optimalisasi implementasi sistem pengaduan masyarakat Propam Presisi di Bidpropam Polda Bengkulu dengan : (1) lakukan transformasi organisasi yang adaptif, (2) Lakukan pengembangan Kompetensi SDM, dan (3) Peningkatan sarana-prasarana dan media pendukung implementasi sistem
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023