Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan e-KTP dan mengkajitingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian iniadalah seluruh masyarakat Kota Baubau yang mengurus e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Baubau. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis accidental sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian iniadalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisisdeskriptif dengan alat bantu analisis berupa peta, tabel, dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukandan Pencatatan Sipil Kota Baubau memiliki kinerja tinggi hampir disemua indikatorpelayanan, fakta tersebut dapat dilihat pada tanggapan responden atas berbagai dimensilayanan yang sangat memuaskan. Tingkat kepuasan masyarakat atas layanan e-KTP mendapatkan tanggapan yang positif dihampir semua indikator layanan. Fakta tersebutdidapatkan dari hasil-hasil wawancara mendalam kepada responden yang mana hampirsemua responden merasa sangat puas atas layanan e-KTP yang diperoleh
Copyrights © 2023