Paradigma PAI di Zaman pertengahan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Pertama, pada Kerajaan Usmani kegiatan pendidikan yang sangat nampak pada dasarnya adalah pendidikan kemiliteran dan pemerintahan; kehidupan seni, budaya (arsitektur), bidang keilmuan, dan ilmu-ilmu keagamaan. Kedua, pada Kerajaan Safawi, pendidikan yang menonjol adalah bidang perekonomian; kehidupan seni budaya arsitektur, bidang keilmuan dan ilmu-ilmu keagamaan. Ketiga, pada Kerajaan Moghal kegiatan pendidikan yang nampak berkembang adalah kegiatan pendidikan disegala bidang seni. Pendidikan Islam pada masa kejayaan kekhalifahan tersebut memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan intelektual dan keilmuan umat Islam serta pengaruhnya terhadap dunia. Kekhalifahan Syafawi, Mongol, dan Usmani menunjukkan komitmen yang besar terhadap pendidikan agama, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan secara umum. Kekhalifahan tersebut mendirikan lembaga-lembaga pendidikan seperti madrasah, perguruan tinggi, dan universitas untuk mempromosikan pengetahuan agama Islam, ilmu pengetahuan, sastra, dan filsafat.
Copyrights © 2024