Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media sosial sebagai media promosi bagi UMKM di Desa Duman. Karya tulis ini menggunakan metode Pendidikan Masyarakat yaitu melakukan penyuluhan atau sosialiasi untuk mengedukasi masyarakat tentang bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi yang efektif bagi para pelaku UMKM di Desa Duman Kecamatan Lingsar, kabupaten Lombok Barat. Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu Observasi dan riset UMKM, Perencanaan Kegiatan, Pelaksanaan Edukasi dan Evaluasi Kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian bahwa dari 2 UMKM yang telah di wawancarai, diketahui bahwa para pelaku UMKM masih belum paham serta tidak bisa menggunakan media sosial sebagai media promosi dan hanya mengandalkan pelanggan dari masyarakat lingkungan sekitar dan tetangga. Dan setelah dilakukannya edukasi dan evaluasi kepada 2 pemilik UMKM mereka menjadi lebih memahami bagaimana cara mempromosikan UMKM melalui sosial media. Hasil kegiatan ini menjadi bukti bahwa edukasi memainkan peran penting dalam membantu UMKM memanfaatkan media sosial secara lebih efektif. Selain dari 2 UMKM yang terlibat, kegiatan ini memberikan gambaran atau ilustrasi bahwa masih diperlukan upaya lebih lanjut dalam menggabungkan pengetahuan media sosial dalam strategi promosi UMKM secara luas di Desa Duman. Diharapkan, melalui kegiatan ini, lebih banyak pelaku UMKM dapat meningkatkan jangkauan dan pemasaran produk mereka melalui media sosial, menggandakan dampak positif bagi pertumbuhan usaha mereka.
Copyrights © 2024