Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis kesulitan membaca awal siswa kelas II SD Negeri 1 Padurenan. Penelitian ini mengambil pendekatan deskriptif dengan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas II SD Negeri 1 Padurenan, dan guru kelas II SD Negeri 1 Padurenan sebagi informan. Teknik pengumpulan data yang dipakai yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas II mengalami kesulitan membaca permulaan antara lain, (1) kesulitan dalam mengenal huruf, dan 2 orang siswa belum mengetahui huruf A-Z pada alfabet, (2) kesusahan dalam mengeja kata, (3) kesulitan dalam pengucapan, masih ada 4 siswa yang salah mengucapkan kata, (4) Membaca kalimat belum lancar, dan masih ditemukan 6 siswa yang belum lancar pengucapanya. Terlihat bahwa masalah belajar yang dialami keenam siswa termasuk mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Kata Kunci : Kesulitan Membaca, Membaca Permulaan, Siswa Kelas II
Copyrights © 2024