AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru yang mengajar hanya untuk memberikan informasi atau penjelasan materi saja, sehingga pembelajaran yang disampaikan menjadi kurang bermakna. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meneliti kualitas kompetensi guru dalam penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Ciwaringin, Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan pembelajaran IPS yang dilakukan oleh guru di sekolah tersebut telah menerapkan pengetahuan kontekstualnya untuk dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran IPS, walaupun pada RPP guru belum menuliskannya secara rinci. 2) Faktor yang mempengaruhi proses pelaksanaan kegiatan pembelajaran IPS yaitu penguasaan guru, kebutuhan peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai. 3) Masalah utama yang dihadapi oleh guru dalam penerapan pendekatan kontekstual ialah keterbatasan waktu, selain itu pada kegiatan pembelajaran IPS yang dilakukan dengan pendekatan kontekstual, nampak begitu jelas antara peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi dan peserta didik yang memiliki kemampuan kurang, sehingga kemudian menimbulkan rasa tidak percaya diri bagi peserta didik lain yang kurang kemampuannya. Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh guru dalam mengatasi kendala tersebut ialah guru dapat terus belajar dan memperdalam ilmunya untuk menggunakan strategi dan metode belajar yang lebih bervariasi.Kata Kunci: Pendekatan kontekstual, pembelajaran IPS, kompetensi guru
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024