Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 2 (2023): :Badaa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pola Pembelajaran “Makan Roti Manis” dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Taman Kanak-Kanak

Muliadi, Muliadi (Unknown)
Badarudin, Badarudin (Unknown)
Padlurrahman, Padlurrahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Pola pembelajaran “Makan Roti Manis” merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan pembentukan karakter sesuai 6 dimensi profil pelajar Pancasila yaitu Beriman, Bertaqwa, Dan Berakhlak Mulia, Kebhinekaan Global, Mandiri, Gotong Royong, Kreatif Dan Bernalar Kritis. TK An-Nur adalah salah satu sekolah yang menjalankan pendidikan anak usia dini dan telah melaksanakan kurikulum merdeka. Pada penelitian ini kurikulum merdeka dilaksanakan dalam bentuk proyek yang menekankan pada penguatan profil pelajar Pancasila. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, implementasi pembelajaran dilakukan oleh para guru dengan melibatkan seluruh komponen dan stakeholder yang ada seperti guru, kepala sekolah,siswa dan wali murid untuk sama-sama berkolaborasi sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif dan menyenanngkan. Pelaksanaan proyek penguatan profil Pancasila yang di singkat 5P melalui bebrapa tahapan, mulai dari diskusi antar guru, kepala sekolah untuk menentukan tema/topik yang akan dibahas, kemudian mendisain modul ajar, menentukan alokasi yang dibutuhkan, sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta mengevaluasi hasil belajar siswa yang nantinya akan menjadi acuan pada pelaksanaan projek berikutnya. Selajutnya menganalisis kendala-kendala selama pembelajaran berlanngsung dengan tetap mengutamakan kerjasama antara pihak sekolah dengan stakeholder yang ada.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...