Penelitian Tindakan Kelasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami Penjelasan Narasumber dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Rambu=rambu lalu-lintas” dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada kelas IV SD Negeri Polokarto 03 Sukoharjo. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Pada masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Rambu=rambu lalu-lintas” mengalami peningkatan hasil prestasi belajar maupun aktivitas belajar siswa. Adapun hasil Belajar siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan pada tiap siklusnya: Hasil awal menunjukkan skor rata-rata 59,43; pada siklus I naik menjadi skor rata-rata: 78,3; dan Hasil siklus II naik menjadi skor rata-rata: 92,2. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu sumber referensi dan menjadi sumbangsih untuk penelitian tindakan kelas semua pelajaran di sekolah dasar khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia
Copyrights © 2021