Jurnal Pendidikan Sultan Agung
Vol 1, No 1 (2021)

PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL DALAM PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI RAMBU-RAMBU LALU LINTAS DI KELAS 4

Munasir, Munasir (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2021

Abstract

Penelitian Tindakan Kelasi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami Penjelasan Narasumber dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Rambu=rambu lalu-lintas” dengan penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada kelas IV SD Negeri Polokarto 03 Sukoharjo. Kegiatan dilakukan sebanyak dua siklus tindakan. Pada masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Rambu=rambu lalu-lintas” mengalami peningkatan hasil prestasi belajar maupun aktivitas belajar siswa. Adapun hasil Belajar siswa baik secara individu maupun kelompok mengalami peningkatan pada tiap siklusnya: Hasil awal menunjukkan skor rata-rata 59,43; pada siklus I naik menjadi skor rata-rata: 78,3; dan Hasil siklus II naik menjadi skor rata-rata: 92,2. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu sumber referensi dan menjadi sumbangsih untuk penelitian tindakan kelas semua pelajaran di sekolah dasar khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpsa

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan Sultan Agung (JP-SA) is a journal that aims to facilitate and promote scientific conceptual ideas, systematic investigations or reviews, and dissemination of research results in the fields of early childhood education, primary and secondary education, higher education, teacher ...