Counseling and Humanities Review
Vol 4, No 1 (2024): Counseling and Humanities Review

Persepsi siswa tentang disiplin sekolah di SMPN 32 Padang

Utari, Utari (Unknown)
Sukma, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang disiplin sekolah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populas dalam penelitian ini sebanyak 393 siswa SMPN 32 Padang tahun ajaran 2023/2024 dengan sampel sebanyak 198 siswa yang dipilih menggunakan teknik propotional random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrument berupa angket atau kuesioner persepsi siswa tetang kedisiplin sebanyak 26 item. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa secara keseluruhan persepsi siswa tentang kedisiplian berada pada kategori tinggi dengan persentase 60,61%. Sedangkan persepsi siswa ditinjau dari aspek berpakaian berada pada kategori sedang dengan persentase 43,93%, berdasarkan aspek ketepatan waktu berada pada kategori tinggi dengan persentase 54,55%, berdasarkan aspek perilaku sosial berada pada kategori tinggi dengan persentase 55,56% dan berdasarkan aspek etika belajar berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase 50,51%. Layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa yaitu layanan informasi, layanan individu dan layanan bimbingan kelompok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

chr

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and humanities ...