Counseling and Humanities Review
Vol 4, No 1 (2024): Counseling and Humanities Review

Kebermaknan Hidup Siswa SMAS Adabiah 2 Padang dan Implikasi dalam Pelayanan BK

Putri, Ririn Anggelia (Unknown)
Nurfarhanah, Nurfarhanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Kebermaknaan hidup merupakan konsep psikologis yang penting dalam memahami kualitas hidup siswa. Hilangnya kebermaknaan hidup akan membuat siswa tidak memilki arah dan tujuan hidup yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kebermaknaan hidup siswa SMAS Adabiah 2 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAS Adabiah 2 Padang yang berjumlah 649 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 247 orang siswa yang dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket kebermaknaan hidup berupa pernyataan dengan skala model likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran kebermaknaan hidup siswa SMAS Adabiah 2 Padang secara keseluruhan berada pada kategori tinggi. artinya siswa memilki kemampuan dalam mencapai kebermaknaan hidup yang dapat dilihat dari hidupnya yang penuh makna, berharga dan memilki tujuan hidup yang jelas sehingga terbebas dari perasaan hampa dan kosong. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

chr

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and humanities ...