Kebermaknaan hidup merupakan konsep psikologis yang penting dalam memahami kualitas hidup siswa. Hilangnya kebermaknaan hidup akan membuat siswa tidak memilki arah dan tujuan hidup yang jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kebermaknaan hidup siswa SMAS Adabiah 2 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAS Adabiah 2 Padang yang berjumlah 649 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 247 orang siswa yang dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket kebermaknaan hidup berupa pernyataan dengan skala model likert. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gambaran kebermaknaan hidup siswa SMAS Adabiah 2 Padang secara keseluruhan berada pada kategori tinggi. artinya siswa memilki kemampuan dalam mencapai kebermaknaan hidup yang dapat dilihat dari hidupnya yang penuh makna, berharga dan memilki tujuan hidup yang jelas sehingga terbebas dari perasaan hampa dan kosong.
Copyrights © 2024