Counseling and Humanities Review
Vol 4, No 2 (2024): Counseling and Humanities Review

Hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa sekolah menengah atas

Nofriani, Nur Azilla (Unknown)
Daharnis, Daharnis (Unknown)
Nirwana, Herman (Unknown)
Sukmawati, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini didasari karena masih banyaknya siswa yang memiliki masalah dalam komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya kepercayaan diri. Penelitian ini mendeskripsikan hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa SMA Negeri 5 Sijunjung. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan komunikasi interpersonal siswa, 2) mendeskripsikan kepercayaan diri, 3) menguji seberapa besar hubungan kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Penelitian ini menggunakan populasi kelas X, XI siswa SMA Negeri 5 Sijunjung sebanyak 332 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 198 yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri yang valid dan reliabel. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan korelasional Pearson Product Moment.  Hasil penelitian menunjukkan: 1) komunikasi interpersonal siswa berada pada kategori baik dengan skor rata-rata 121,34 dan persentase 75,84% dari skor ideal, 2) kepercayaan diri berada pada ketegori sedang dengan skor rata-rata 66,70 dan persentase 66,70% dari skor ideal, 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri dengan komunikasi interpersonal siswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,534 dan signifikansi 0,000.Keywords: Komunikasi Interpersonal, Kepercayaan Diri

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

chr

Publisher

Subject

Humanities Education Neuroscience Other

Description

The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of counseling and humanities ...