Sehubungan hasil temu duga bersama wali kelas 5 SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin, persoalan pada penelitian ini adalah rendahya pemehaman peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks bacaan dan rendahnya aktivitas peserta didik, hal ini disebabkan oleh pendidik yang hanya memberikan penyampaian materi menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan model dan media sehingga peserta didik merasa jenuh dengan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah guna mendeskripsikan aktivitas pendidik, aktivitas peserta didik dan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas peserta didik yakni siklus 1 (pertemuan 1) memperoleh persentase klasikal 7%, siklus 1 (pertemuan 2) memperoleh 34%, siklus 2 (pertemuan 1) memperoleh 83% dan siklus 2 (pertemuan 2) memperoleh 97%, sehingga hal ini memberikan dampak yang positif pada hasil belajar, karena dengan meningkatnya aktivitas peserta didik maka hasil belajar juga akan meningkat. Berdasarkan temuan dalam penelitian ini bahwa gabungan model Problem Based Learning (PBL), Group Investigation (GI) dan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023