Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka dengan menganalisis berbagaisumber literatur yang relevan dan berkaitan dengan topik penelitian siswa bersosial dan berbudayaindonesia berdasarkan nilai-nilai pancasila. Siswa bersosial budaya merujuk pada siswa yang memilikikemampuan dan kesadaran dalam berinteraksi secara sosial dengan lingkungan sekitarnya, serta memilikipemahaman dan penghargaan terhadap beragam budaya yang ada. Mereka mampu beradaptasi denganbaik dalam konteks sosial dan mampu menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain yang memilikilatar belakang budaya yang berbeda. Siswa bersosial budaya juga memiliki keterampilan sosial yang baik,seperti kemampuan berkomunikasi efektif, kerja sama tim, empati, dan pemahaman tentang norma-norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Mereka mampu menjaga keberagaman dan mempromosikan nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, siswa bersosial budaya merupakan individu yang mampu berinteraksi dengan baik dalam berbagai lingkungan sosial dan menghargai keberagamanbudaya yang ada.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023