Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaranmatematika materi simetri lipat dan simetri putar di kelas III SDN Kalirungkut I/264 Surabaya dengenpenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan terdapat dua siklus di dalamnya. Tahap pada penelitian ini adalahperencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini memiliki subjek peserta didik kelas III-ASDN Kalirungkut I/264 Surabaya yang berjumlah 31 peserta didik. Tehnik analisis data pada penelitian iniadalah kuantitatif untuk menganalisis tes hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini peserta didikmengalami peningkatan persentase peserta didik yang tuntas pada siklus I mencapai angka 57,14% danpada siklus II sebesar 80,00%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipeMake A Match pada materi simetri lipat dan simetri putar pada pembelajaran matematika materi simetrilipat dan simetri putar sudah cukup efektif.
Copyrights © 2023