Penelitian ini bertujuan untuk meneliti upaya peningkatan hasil belajar matematika pada materijenis dan besar sudut dengan menerapkan media pembelajaran "Jam Sudut" di kelas III SDN SimokertoV/138 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang diIaksanakandalam dua sikIus, yang masing-masing sikIus meliputi tahap perencanaan, peIaksanaan, observasi danrefIeksi. Subjek peneIitian adaIah siswa keIas III-A SDN Simokerto V/138 Surabaya yang berjumIah 23siswa, dengan 20 siswa berpartisipasi dalam penelitian. Penelitian ini menerapkan teknik anaIisis datadeskriptif kuantitatif untuk mengukur hasiI beIajar kognitif siswa dengan tes sebelum dan setelahpenerapan media pembelajaran "Jam Sudut". HasiI peneIitian menunjukkan adanya peningkatan yangsignifikan dalam pencapaian hasil belajar siswa setelah melalui kedua siklus pembelajaran. Persentasesiswa yang berhasil mencapai penguasaan materi mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitudari 40% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan mediapembelajaran "Jam Sudut" secara positif memengaruhi pemahaman dan pencapaian siswa terhadap materijenis dan besar sudut dalam matematika. Oleh karena itu, pemanfaatan media pembelajaran ini memilikipotensi meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas III SD.
Copyrights © 2023