Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika materi volume kubusdan balok kelas IV-B UPT SD Negeri 144 Gresik karena penyajian materi yang kurang menarik. Tujuandari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan media kubus satuan dalam meningkatkan hasil belajarmateri volume kubus dan balok pada siswa kelas IV-B di UPT SD Negeri 144 Gresik. 2) Mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media kubus satuan. Metode penelitian yangdigunakan adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empatkomponen pada setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjekpenelitian ini adalah siswa IV-B di UPT SD Negeri 144 Gresik yang terdiri dari 28 siswa. Teknikpengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dandokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media kubus satuan terlaksana denganbaik. Dapat dilihat dari hasil nilai observasi aktivitas guru pada siklus I 75,96 meningkat pada siklus IImenjadi 96,15. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I 75,96 meningkat pada siklus II menjadi 95,19.Hasil belajar materi volume kubus dan balok siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan mediakubus satuan. Dapat dilihat dari persentase ketuntasan para sisklus 25%. Pada siklus I mengalamipeningkatan menjadi 50% dan pada siklus II terjadi peningkatan lagi menjadi 82%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023