Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasibelajar matematika materi waktu kepada peserta didik kelas IV di SDN Kedungturi Sidoarjo, melaluimodel Game Based Learning dan dilakukan sebanyak 2 siklus. Pada siklus I metode peaksanaanmenggunakan metode ceramah klasikal saja. Metode klasikal saja kurang efektif karena menjadikanpeserta didik bosan, sehingga memicu kurangnya semangat dalam pembelajaran sehingga berdampak padahasil belajar mereka yaitu kurang memenuhi standar penilaian atau KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).KKM pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN Kedungturi Sidoarjo yaitu 80. Pada siklus IIditerapkannya model Game Based Learning. Penerapan model tersebut mampu meningkatkan hasil belajarpeserta didik. Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai hasil belajar peserta didik siklus II mata pelajaranmatematika. Pada siklus I, nilai ketuntasan klasikal hanya 46% dengan kategori sedang lalu meningkatpada siklus II yaitu 86% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka penggunaanmodel Game Based Learning dapat dikatakan berhasil meningkatkan Motivasi belajar matematika materi waktu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023