Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) diharapkanefektif guna meningkatkan pemahaman materi penerapan nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan (1)pembelajaran kooperatif tipe NHT diharapkan meningkatkan kemampuan guru dalam mengelolapembelajaran didalam kelas (2) meningkatkan hasil belajar PPKn siswa II pada materi penerapan nilaipancasila. Penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklusmasing-masing meliputi perencaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian iniadalah siswa kelas II secara keseluruhan berjumlah 34 siswa, dengan obyek penelitian yaitu pengamatanaktivitas guru dan siswa, serta hasil belajar PPKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi dan tes, dengan teknik analisis data secara kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian inimenunjukkan adanya peningkatan ketercapaian hasil belajar siswa kelas II pada materi penerapan nilaipancasila. Hal tersebut terbukti dengan persentase keberhasilan yang diperoleh pada siklus I adalah 55,85%dan pada siklus II 82,35%. Dengan demikian disimpulkan bahwa menggunakan model kooperatif tipeNHT pada materi penerapan nilai pancasila dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelolapembelajaran sekaligus meningkat hasil belajar siswa adalah efektif.
Copyrights © 2023