Latar belakang penelitian ini yaitu kurangnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaranmatematika materi satuan waktu yang disebabkan oleh kegiatan proses pembelajaran yang masihdidominasi oleh guru dan masih monoton kurang menarik sehingga peserta didik merasa bosan. Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model project based learning untuk meningkatkan hasilbelajar materi satuan waktu pada peserta didik kelas II di SDN Simokerto V/138 Surabaya. Jenis penelitianyang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sesuai dengan model Kurt Lewinyang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap seiklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan,pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II di SDN SimokertoV/138 Surabaya sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 14 laki- laki dan 13 perempuan. Teknik pengumpulandata menggunakan tes yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik setelah implementasimodel pembelajaran project based learning. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptifkuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar yang diperoleh darihasil tes pada kegiatan pra siklus ke siklus I peningkatan dari 11 atau sebesar 40% peserta didik menjadi16 atau sebesar 60% peserta didik dan dari siklusI ke siklus II adanya peningkatan menjadi 24 atau sebesar89%. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga dapat dilihat dari rata- rata kelas yang diperoleh darikegiatan tes. Perolehan rata-rata kelas pada siklus I 63,3 meningkat pada siklus II menjadi 90. Berdasarkanpeningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan menggunakanmodel project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023