Kemampuan verbal sangat penting dalam menyelesaikan soal cerita karena menentukan keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kajian tentang kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMPN 2 Soe dengan sumber data adalah siswa kelas VIIB sebanyak 21 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes kemampuan verbal siswa dan wawancara. Data dianalisis mengikuti model Miles dan Huberman dengan uji keabsahan data menggunakan model triangulasi teknik. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa kemampuan verbal siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih rendah untuk semua indikator yaitu analogi kata-kata, perbendaharaan kata dan hubungan kata-kata. Kemampuan verbal siswa yang rendah disebabkan karena perbendaharaan kata yang dimiliki kurang sehingga masih sulit memahami kalimat dalam soal secara lengkap.
Copyrights © 2023