penulisan ini mengkaji keterampilan menulis permulaan siswa yang mengalami cerebral palsy tipe spastik di kelas III SLB YPAC Makassar. penelitian ini mempunyai tujuan yakni untuk bisa mengetahui : 1) kemampuan menulis permulaan sebelum pemanfaatan media pasir kinetik pada siswa cerebral palsy tipe spastik. 2) kemampuan menulis permulaan sesudah penggunaan media pasir kinetik siswa pada saat pemamfaatan media pasir kinetik, 3) kemampuan menulis permulaan susudah pemanfaatan media pasir kinetik pada siswa cerebral palsy tipe spastik kelas III di SLB YPAC Makassar. metode penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. siswa berinisial A yang mengalami cerebral palsy tipe spastik di kelas III SLB YPAC Makassar menjadi subjek pada penelitian ini. tes tulis merupakan teknik pengumpulan data yang diterapkan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah : 1) kemampuan siswa cerebral palsy tipe spastik menulis permulaan berada pada kategori kurang mampu sebelum pemanfaatan media pasir kinetik 2) kemampuan siswa cerebral palsy tipe spastik menulis permulaan berada dalam ketegori mampu setelah pemanfaatan media pasir kinetik, 3) penggunaan media pasir kinetik dapat mengoptimalkan kemampuan siswa cerebral palsy tipe spastik kelas III di SLB YPAC Makassar menulis permulaan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023