PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Vol 8, No 1 (2024): Volume 8 Nomor 1 April 2024

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kolaborasi Kerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri Kampung Baru II

Ainy, Neyla Noer (Unknown)
Hunaifi, Abdul Aziz (Unknown)
Sahari, Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2024

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan masyarakat yang diharapkan dapat mewujudkan manusia yang berkualitas harapan tersebut secara formal pendidikan diselenggarakan di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kolaborasi kerja guru di SDN Kampungbaru II. Penelitian ini menggunakan sampel dari SDN Kampungbaru II, dengan melibatkan 50 guru sebagai responden. Kepemimpinan seorang guru dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi individu atau kelompok dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Hasil penelitian kepala sekolah selaku kepala sekolah melaksanakan pelatihan dan pendidikan serta mengundang narasumber dari luar yang terkait dengan KBM dan sesuai dengan Kurikulum 2013, selalu memberikan arahan dan motivasi kepada guru untuk menggunakan metode aktif, selalu mengawasi ketika guru sedang melaksanakan proses belajar mengajar di sekolah. kelas, memberikan bimbingan kepada guru dan tenaga kependidikan, kepala sekolah meminta hadir 20 menit lebih awal dari siswa dan menunggu siswa di depan kelas. Kesimpulan pada penelitian ini adalah peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kolaborasi kerja guru di SDN Kampungbaru II adalah memberikan sikap demokratis, disiplin, dan mengontrol setiap kelas selama mengajar dan proses pembelajaran, sikap demokratis diupayakan untuk menghilangkan ketidakpercayaan dalam memecahkan masalah di ruang kelas. maupun di sekolah, dan sikap disiplin diupayakan untuk memberikan rasa tanggung jawab.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...