Journal of Science Instruction and Technology
Vol. 4 No. 1 (2024): JSIT

LKPD Elastisitas dan Hukum Hooke Berbasis Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA

Auliyah, Ory (Unknown)
Hermansyah, Hermansyah (Unknown)
Safitri, Ade (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika kelas XI. Hasil belajar yang rendah disebabkan karena peserta didik kurang memahami materi pelajaran. Upaya peningkatan pemahaman peserta didik dapat melalui penggunann metode dan media yang sesuai dengan konsep yang akan dipelajari. Salah satu media yang dapat memfasilitasi dan membantu peserta didik mempelajari materi dan konsep fisika adalah LKPD berbasis scientific. Penelitian menggunakan desain eksperimen semu (quasi experimental design). Subjek penelitian dibagi dalam dua kelompok yaitu ekperimen dan kontrol. Peningkatan hasil belajar peserta didik dianalisis menggunakan uji N-gain. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai N-gain submateri hukum hooke kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, perolehan N tertinggi untuk submateri terdapat pada kekenyalan materi, yaitu sebesar 88%. Hasil menunjukan pemahaman peserta didik terhadap materi hukum hooke dalm kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSIT

Publisher

Subject

Chemistry Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

Journal of Science Instruction and Technology (JSIT) is a forum of high-quality publication of research results for lecturers, teachers, students, and researchers in the fields of science instructional, learning, teaching, curriculum development, educational technology, and educational development. ...