Ekobisman : Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen
Vol 9 No 1 (2024): AGUSTUS

Strategi Inovasi Bisnis dan Kelestarian Lingkungan Terhadap Keberlanjutan Bisnis di Sektor Migas Dengan Variabel Mediasi CSR

Yudhi Yusti Maya (Unknown)
Derriawan (Unknown)
Mombang Sihite (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak strategi inovasi bisnis dan kelestarian lingkungan terhadap keberlanjutan bisnis di sektor minyak dan gas di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan, dengan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebagai variabel mediasi. Sampel penelitian terdiri dari 192 karyawan industri minyak dan gas setempat. Metode campuran kuantitatif dan kualitatif digunakan, dengan teknik proporsional sampel dan aplikasi SEM melalui Software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi bisnis dan keberlanjutan lingkungan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap CSR dan keberlanjutan bisnis. CSR terbukti memediasi hubungan antara inovasi bisnis dan keberlanjutan lingkungan dengan keberlanjutan bisnis. Penelitian ini menekankan pentingnya integrasi strategis untuk memperkuat komitmen perusahaan terhadap CSR, dan perlunya manajemen proaktif dalam mengintegrasikan praktik keberlanjutan lingkungan dalam strategi bisnis. Selain itu, pentingnya adopsi teknologi efisiensi energi dan pengelolaan lingkungan yang inovatif, serta peningkatan keterlibatan dalam CSR, diidentifikasi sebagai strategi keberlanjutan bisnis yang optimal bagi industri minyak dan gas di Musi Rawas Utara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ekobisman

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

1) Micro and macro economics; 2) Marketing, Finance, Operational, Human Resources and Strategic Management; 3) Business ...