Jurnal Economic Edu
Vol. 5 No. 01 (2024): Juli

PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 BENGKULU SELATANN 2 BENGKULU SELATAN

Hilyati Milla (Unknown)
Herwan MDK (Unknown)
Ummi Kalsum (Unknown)
Muhamad Agung Andre (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Penelitian pembelajaran dengan metode Mind Mapping ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas XI SMAN 2 Bengkulu Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPS 2 SMAN 2 Bengkulu Selatan, yang berjumlah 32 siswa dan objek penelitianya yaitu materi mata Pelajaran Ekonomi . Alat pengumpulan data yaitu tes dan observasi. Teknik analisis data melalui analisis tes dan analisis hasil observasi. Dari hasil analisa yang telah dilakukan dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan dan derajat kebebasan 31 yang menunjukan bahwa t hitung = 9,48 ≥ t tabel 2,040 artinya terlihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa yang dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping sangat Efektif dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMAN 2 Bengkulu Selatan. Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecoedu

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Focus and Scope The Edu Economic Education Journal offers original articles on economic education. This journal aims to publish and disseminate the results of economic education research and studies conducted by researchers, teachers and practitioners of economic education. Edu Economics Journal ...