EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya
Vol 12, No 1 (2024)

Penerapan digital marketing pada sosial media terhadap strategi komunikasi pemasaran produk jasa pada Supoyo Consultant

Setiawan, Muhammad Ricky (Unknown)
Purwanto, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Dunia bisnis mengalami perkembangan yang pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi. Untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan, berbagai perusahaan muncul dengan tujuan membuat barang dan jasa. Meningkatnya penggunaan sosial media, seperti Facebook, Twitter, dan forum komunikasi sosial media lainnya, memaksa organisasi untuk mengubah pendekatan komunikasi mereka secara tidak sengaja. Salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek perusahaan adalah digital marketing. Banyak bisnis menggunakan media sosial yang berkembang dengan pesat untuk memasarkan barang dan jasa mereka. Untuk menarik perhatian audiens, konten harus menarik dan mengikuti tren saat ini. Supoyo Consultant merupakan perusahaan konsultan manajemen yang memiliki masalah dengan brandingnya di media sosial yang kurang efektif, yang kurang membangun brand awareness. Jadi, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mengamati, menyelesaikan, dan terjun secara langsung dengan menggunakan metode pelaksanaan observasi dan partisipasi aktif dalam pembuatan content marketing untuk meningkatkan kesadaran merek. Digital marketing memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek. Hasil menunjukkan bahwa membuat konten kreatif dan menarik di platform media sosial seperti Instagram, TikTok, LinkedIn, dan YouTube dapat meningkatkan kesadaran merek perusahaan dan menjadi alat pemasaran untuk membangun kesadaran merek. Untuk menjangkau lebih banyak audiens, perusahaan harus memahami kebutuhan audiens, melakukan analisis media sosial, dan kemudian memilih konten yang paling sesuai dengan jenis konten yang diproduksi. Penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat atau konsekuensi bagi pihak yang berkepentingan dalam bentuk peningkatan wawasan, informasi, dan pengetahuan. Selain itu, diharapkan bahwa penelitian ini akan berkontribusi pada penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan digital marketing yang belum dibahas dalam penelitian ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning has P-ISSN: 2303-1565 & E-ISSN: 2502-1575 which is published twice a year, in January and July. Focus and scope on EQUILIBRIUM The scientific journal Economics and Learning:Economic Learning Media, Planning Economic Learning, Learning and ...