Jurnal Pendidikan Tari
Vol 4 No 2 (2024): Pendidikan Tari untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21

Peningkatan Percaya Diri Siswa dalam Pembelajaran Tari melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)

Dela (Unknown)
Cahyadi, Ojang (Unknown)
Triyoga Hoesodoningsih, Rr. Yvonne (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu rendahnya sikap percaya diri siswa dalam melakukan gerak tari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ranah sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tari dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kurt Lewin, dilaksanakan dua siklus pada penelitian ini. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan (Planning), tindakan (Action), pengamatan (Observing) serta refleksi (Reflecting). Penelitian ini berlangsung dari bulan Februari sampai Juni 2023 di SMAN 2 Kota Bogor. Data dikumpulkan melalui teknik pengumpulan data berupa hasil observasi sikap percaya diri siswa, hasil observasi pelaksanaan model pembelajaran, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tari, berdasarkan hasil rata-rata prosentase yang diperoleh pada pra siklus 43%, dan terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 72%, setelah dilakukan siklus II meningkat menjadi sebesar 86,20%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk menumbuhkan sikap percaya diri siswa dalam pembelajaran tari berhasil meningkat, terbukti dengan nilai tuntas yang diperoleh sebagian besar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpt

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

This Journal is about Creation of Performing Arts or Performing Arts Study as well as the research result of Innovation in Dance and Dance ...