Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan
Vol 3, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATA PELAJARAN PROSES INDUSTRI KIMIA

secondriani, harmeida (Unknown)
Hasri, Hasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Pelajaran Proses Industri Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Kimia Industri 2 pada mata pelajaran Proses Industri Kimia dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Sebagai subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Kimia Industri 2 SMK Negeri 1 Pasuruan sebanyak 18 orang. Adapun metode yang digunakan adalah penugasan, diskusi, dan presentasi dengan pendekatan saintifik-TPACK. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan evaluasi di akhir pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa di awal pembelajaran adalah 52.78 dengan ketuntasan belajar adalah 33.33% dan di akhir pembelajaran nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 94.44 dengan ketuntasan belajar adalah 88.89%. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Kimia Industri 2 SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran Proses Industri KimiaKata kunci:hasil belajar, pembelajaran berbasis masalah, proses industri kimia 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

progresif

Publisher

Subject

Education Other

Description

urnal Pendidikan dan Profesi Keguruan menerbitkan naskah hasil penelitian dan review literatur dalam bidang ilmu pendidikan, profesi keguruan, dan pembelajaran teknologi dan ...