MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 1 (2024): Vol 9 No 1 (2024): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Matematika Materi Teorema Pythagoras

Novelza, Ice Dwi (Unknown)
Putra, Aan (Unknown)
Anggraini, Reri Seprina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Bahan ajar yang baik memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena bahan ajar yang tepat dapat memotivasi siswa, meningkatkan pemahaman mereka, dan menciptakan pengalaman belajar yang positif. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kebutuhan bahan ajar matematika materi teorema Pythagoras. Metode penilitian yang digunakan ialah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu salah satu guru matematika di MTsN 6 Kerinci dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri, pedoman wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan belum terlalu mempengaruhi hasil belajar yang signifika terhadap siswa, dikarenakan setiap siswa memiliki kebutuhan dan kemampuan belajar yang berbeda. LKS yang dirancang secara umum mungkin tidak dapat secara efektif menjangkau kebutuhan individu setiap siswa. Serta penggunaan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa dan Buku Paket masih statis dan kurang interaktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...