caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA

Fauzi, M Hadi (Unknown)
Mutaqin, Ejen Jenal (Unknown)
Rusmana, Ajang (Unknown)
Taofik, De Budi Irwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Metode penelitian yang dipakai peneliti yaitu True Eksperimental Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Dalam rancangan ini memilih subjek menjadi dua kelompok yang mendapatkan perlakuan posttest. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas V A sebagai kelas kontrol Hasil yang dapat dilihat dari penelitian pengaruh media pembelajaran game edukasi terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 2 Lengkongjaya ini adalah (1) penerapan media pembelajaran game edukasi terlaksana dengan baik dan efektif, (2) minat belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan minat yang cukup signifikan (3) adanya pengaruh media pembelajaran game edukasi terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA. Dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan membandingkan hasil 2,50 lebih besar dari taraf 5% 2,09 dan taraf 1% 2,86, dapat disimpulkan bahwa hipotesis nihil ditolak yang berarti hipotesis alternatif diterima dengan 2,09< 2,50 > 2,86.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

caxra

Publisher

Subject

Education Environmental Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar ...