UNM Journal of Biological Education
Vol 7, No 1 (2023): Vol 7 No 1 September 2023

Hubungan Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPA pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan

Surianti, Surianti (Unknown)
Muis, Abd. (Unknown)
Azis, Andi Asmawati (Unknown)
Aswani, Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar, dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik pada materi sistem organisasi kehidupan secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pitumpanua Kabupaten Wajo dengan jumlah 47 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling sehingga diperoleh 47 sampel. Variabel bebas pada penelitian ini adalah variabel kemandirian belajar dan motivasi belajar sedangkan variabel terikat yaitu variabel hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa angket dan soal hasil belajar. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kemandirian belajar berada pada kategori sedang, (ii) motivasi belajar, pada kategori sedang. (iii) hasil belajar IPA peserta didik berada pada kategori sedang, (iv) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar, (v) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (vi) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian  belajar, dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik pada materi sistem organisasi kehidupan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...