Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemandirian belajar, dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik pada materi sistem organisasi kehidupan secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Pitumpanua Kabupaten Wajo dengan jumlah 47 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling sehingga diperoleh 47 sampel. Variabel bebas pada penelitian ini adalah variabel kemandirian belajar dan motivasi belajar sedangkan variabel terikat yaitu variabel hasil belajar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen berupa angket dan soal hasil belajar. Teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) kemandirian belajar berada pada kategori sedang, (ii) motivasi belajar, pada kategori sedang. (iii) hasil belajar IPA peserta didik berada pada kategori sedang, (iv) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar, (v) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar, (vi) terdapat hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar, dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPA peserta didik pada materi sistem organisasi kehidupan.
Copyrights © 2023