Kurikulum Merdeka mendorong guru terampil dalam memanfaatkan teknologi yang bertujuan guna meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Berfokus pada elemen penting Kurikulum Merdeka salah satunya literasi dasar diantaranya yaitu literasi digital. Faktanya, para guru SD belum melek teknologi dan belum mahir dalam menggunakan aplikasi-aplikasi terkini yang dapat digunakan dalam membuat media pembelajaran. Urgensi penelitian yaitu di latar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah karena kurang maksimal dalam memahami materi, hal ini harus diatasi sebagai upaya peningkatan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman materi sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran berbasis Virtual Reality dan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis Virtual Reality dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunalan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain metode penelitian group pretest-posttest. yaitu kelompok eksperimen diberikan pretest sebelum perlakuan, kemudian selanjutnya diberikan posttest setelah perlakuan Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis virtual reality yang diterapkan dalam pembelajaran IPAS SD materi ”ada apa saja di bumi kita” efektif dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji paired sample test yang memperoleh hasil sig 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis virtual reality (VR) efektif dalam meningkatkan pemahaman materi.AbstractThe Merdeka Curriculum encourages skilled teachers in utilizing technology that aims to improve the quality of learning in schools. Focusing on important elements of the Independent Curriculum, one of which is basic literacy, including digital literacy. In fact, elementary school teachers are not technologically literate and are not proficient in using the latest applications that can be used in making learning media. The urgency of research is in the background of low student learning outcomes due to lack of maximum understanding of the material, this must be overcome as an effort to improve student cognitive. This study aims to determine the ability to understand material before and after the application of Virtual Reality-based learning media and to determine the effectiveness of Virtual Reality-based learning media in improving the comprehension ability of elementary school students. This study uses a quantitative approach with the type of experimental research using the design of the pretest-posttest group research method. that is, the experimental group was given a pretest before treatment, then given a posttest after treatment The results showed that virtual reality-based learning media applied in elementary science learning material "there is anything on our earth" can effectively increase student understanding. This is shown from the paired sample test results that obtain sig results of 0.000 < 0.05, it can be concluded that virtual reality (VR)-based learning media is effective in increasing material understanding.
Copyrights © 2024