QUANTA
Vol. 8 No. 1 (2024): VOLUME 8, NOMOR 1 (2024): JANUARI-APRIL

Tingkat Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMK N 6 Semarang Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling

Ekiyani, Chusna Pradipta (Unknown)
Juliejantiningsih, Jovita (Unknown)
Wahyuni, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Perilaku asertif merupakan soft skill kecakupan hidup yang sangat penting untuk dimiliki individu, karena perilaku asertif sangat diperlukan dalam sisi kehidupan individu untuk menjalani hari-harinya. Latar belakang penelitian ini karena ditemukan peserta didik yang kurang memiliki perilaku asertif. Peneliti melakukan peneitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku asertif peserta didik kelas X di SMK N 6 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei yang dilakukan kepada peserta didik kelas X dengan teknik pengambilan simple random sampilng. Hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan olah data, menunjukan peserta didik di kelas X SMK N 6 Semarang berada pada 3 kategori diantaranya: kategori rendah dengan sebanyak 144 peserta didik dan persentase 40,91%, kategori sedang dengan jumlah 177 peserta didik dan persentase 50,28%, lalu kategori tinggi 31 peserta didik dan persentase 8,81%. Hasil ini menunjukan bahwa peserta didik kelas X SMK N 6 Semarang berada pada kategori sedang, namun dalam mengungkapkan isi pikiran dan perasaan mereka masih memiliki hambatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

quanta

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Quanta focus is a medium for dissemination of research results based on philosophical, conceptual, and empirical studies of Counseling and Counseling in Education. The Scope of Quanta publishes research articles in based on philosophical, conceptual, and empirical studies of Counseling and ...