Perilaku asertif merupakan soft skill kecakupan hidup yang sangat penting untuk dimiliki individu, karena perilaku asertif sangat diperlukan dalam sisi kehidupan individu untuk menjalani hari-harinya. Latar belakang penelitian ini karena ditemukan peserta didik yang kurang memiliki perilaku asertif. Peneliti melakukan peneitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku asertif peserta didik kelas X di SMK N 6 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei yang dilakukan kepada peserta didik kelas X dengan teknik pengambilan simple random sampilng. Hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan olah data, menunjukan peserta didik di kelas X SMK N 6 Semarang berada pada 3 kategori diantaranya: kategori rendah dengan sebanyak 144 peserta didik dan persentase 40,91%, kategori sedang dengan jumlah 177 peserta didik dan persentase 50,28%, lalu kategori tinggi 31 peserta didik dan persentase 8,81%. Hasil ini menunjukan bahwa peserta didik kelas X SMK N 6 Semarang berada pada kategori sedang, namun dalam mengungkapkan isi pikiran dan perasaan mereka masih memiliki hambatan.
Copyrights © 2024