Quantum : Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya
Vol 3, No 2 (2023)

Pengembangan TINKA (Buletin Fisika) pada Materi Tekanan Zat Padat sebagai Media Pendamping Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Safitri, Nur Alsa Wulan (Unknown)
Nur Diyana, Tsania (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2024

Abstract

AbstractStudent motivation can be influenced by the use of learning media in the learning process. This study aims to determine the feasibility of developing TINKA (Physics Bulletin) on solid matter pressure as a learning companion media to increase student motivation. This study uses the RD (Research and Development) research method with the type of 4D research (Define, Design, Develop, Disseminate). However, in this study it was only carried out up to the Develop stage because the research objective was limited to the feasibility test. The feasibility test was carried out by two validators, expert lecturer and physics teacher who assessed the feasibility of content, presentation, and language so that the overall mean score for TINKA feasibility was 3.88 which was included in the very good category. Thus it can be concluded that the development of TINKA (Physics Bulletin) on solid matter pressure is appropriate as a learning companion media to increase student learning motivation.Keywords: bulletin, solid matter pressure, learning media, learning motivationAbstrakMotivasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran dalam proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan TINKA (Buletin Fisika) pada materi tekanan zat padat sebagai media pendamping pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RD (Research and Development) dengan jenis penelitian 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Namun dalam penelitian ini hanya dilaksanakn hingga tahap Develop dikarenakan tujuan penelitian sebatas uji kelayakan. Uji kelayakan dilakukan oleh dua validator yaitu dosen ahli dan guru fisika yang menilai mengenai kelayakan isi, penyajian, dan bahasa sehingga didapatkan skor rerata keseluruhan untuk kelayakan TINKA sebesar 3.88 termasuk kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pengenbangan TINKA (Buletin Fisika) pada materi tekanan zat padat layak sebagai media pendamping pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Kata-kata kunci: buletin, tekanan zat padat, media pembelajaran, motivasi belajar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

QJIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics Social Sciences Other

Description

Quantum: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QJPIA) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan Pendidikan IPA. Scope dari QJPIA terdiri dari: Pendidikan Fisika (Inovasi Pembelajaran Fisika, Penilaian dan Evaluasi dalam Fisika, Media dan bahan ajar Fisika, Kurikulum Fisika ...