Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan
Volume 11, Nomor 2 Juli 2024

Pengaruh Model Pembeljaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik IPS Madrasah Aliyah Negeri 3 Bone

Aulia, Nur (Unknown)
Torro, Supriadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Gambaran kemandirianbelajar peserta didik IPS Madrasah Aliyah Negeri 3 Bone. 2) Pengaruh modelpembelajaran problem based learning terhadap peningkatan kemandirianbelajar peserta didik IPS Madrasah Aliyah Negeri 3 Bone. Jenis penelitian iniadalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei.Populasi penelitian ini berjumlah 244 orang, Pengambilan besaran sampelditentukan menggunakan rumus slovin, dengan teknik simple randomsampling dan di peroleh sampel sebanyak 70 responden. Pengambilan datadilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitasmenggunakan teknik korelasi bivariate person dan uji reliabilitasmenggunakan teknik alpha cronbach. Teknik analisis data digunakan adalahstatistic deskriptif, dan analisis statistik inferensial dengan menggunakanbantuan IBM SPSS versi 21 for windows.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gambaran kemandirianbelajar peserta didik IPS Madrasah Aliyah Negeri 3 Bone berada padakategori “baik” dibuktikan dengan nilai skor rata-rata (mean) pada variabelkemandirian belajar peserta didik 90,41 dan nilai persentase sebesar 72,33%.2) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadappeningkatan kemandirian belajar peserta didik IPS Madrasah Aliyah Negeri 3Bone. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05 dan nilait hitung 2,127 > t tabel 1,992, hal ini menunjukkan bahwa variabel X memilikipengaruh terhadap variabel Y. Adapun besar nilai pengaruh variabel Xterhadap variabel Y diketahui dari nilai Adjusted R square pada tabel modelsummary sebesar 0,549 artinya variabel X (kemandirian belajar peserta didik)mempengaruhi variabel Y (model pembelajaran problem based learningterhadap peningkatan kemandirian belajar peserta didik) sebesar 54,9%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sosialisasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi pendidikan. Published by the peer review process and open access with p-ISSN: 2356-0886 and e-ISSN: 2722-3086. Jurnal Sosialisasi: jurnal hasil pemikiran, penelitian dan pengembangan keilmuan sosiologi ...