Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bentuk pendampingan orang tua yang berprofesi sebagai guru terhadap keluarganya di era covid-19 di Kecamatan Tamalate kota makassar, 2) Kendala yang di hadapi orang tua dalam mendampingi anaknya belajar di rumah di era pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak 10 orang yang ditentukan melalui teknik Purposive Sampling dengan kriteria 1) Guru di kecamatan tamalate yang memiliki anak usia sekolah 2) guru yang melaksanakan pembelajaran daring dan telah mengajar minimal 5 tahun. Teknik pengabsahan data menggunakan member check. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk pendampingan orang tua yang berprofesi sebagai guru selama pandemi adalah: a) Mengajar siswa sambil mendampingi anak belajar; b) Membantu mengerjakan tugas sekolah anak 2) kendala yang dihadapi orang tua dalam mendampingi anaknya belajar di rumah yaitu: a) Kesulitan membagi waktu antara tugas mengajar di sekolah dengan mendampingi anak di rumah; b) Anak kurang serius menjalani proses pembelajaran; c) Anak cenderung menyerahkan kepada orang tua untuk mengerjakan tugas sekolah.
Copyrights © 2023