MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 6 (2024): Agustus

PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTERISTIK PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Diva Ramadhani (Unknown)
Balqis Mutiara Hanifah (Unknown)
Diyan Triyani (Unknown)
Hidayatu Munawaroh (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat mempengaruhi karakteristik siswa melalui pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan tinjauan literatur (Literature Research). Dengan pengumpulan data melalui penelusuaran jurnal elektronik berupa Google Cendikia (Google Scholar). Hasil penelitian menunjukan bawa penerapan model Problem Based Learning mempengaruhi pembentukan karakteristik pada anak sekolah dasar. Hal ini didasarkan pada model pembelajaran yang berbasis masalah sehingga memuncullkan karater-karekter pada masing-masing siswa. Model ini dirasa efektif dalam meningkatkan berpikir kritis pada siswa selain itu juga meningkatkan minat belajar, meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan meningkatkan kualitas pembelajaran pada anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

merdeka

Publisher

Subject

Other

Description

MERDEKA: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Jurnal ini merupakan jurnal ilmiah multidisiplin yang bersifat peer-review dan terbuka. Jurnal ini terbit 6 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember. Fokus dan ruang lingkupnya meliputi: Ilmu Sosial, Humaniora, ...